6 Pidato Anak SMP Yang Bagus Banget, Wajib Baca

Pidato Singkat - Pidato Anak SMP Yang Bagus. Saat anda mencari sebuh referensi pidato anak SMP yang temanya bagus atau yang memiliki isi bagus dan bermakna, tentu anda akan mencari referensinya di internet atau di buku pidato.

Pidato Anak SMP Yang Bagus
 Ilsutrasi

Sebagiamana yang kita ketahui bersama bahwa pidato merupakan suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato yang bagus dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik tidaklah dimilili semua orang. Ada banyak hal yang menyebabkan orang tak mampu meningkatkan rasa percaya diri di depan khalayak.

Pidato bisa disampaikan oleh siapa saja dan untuk siapa saja. Di sekolah, khususnya Sekolah Menengah Pertama bisanya seorang murid diberikan tugas untuk berpidato atau membuat naskah pidato oleh sang guru. 

Beberapa lalu tim pidato singkat sudah memberikan 6 contoh pidato untuk anak SMP. Ke enam pidato tersebut memiliki tema berbeda-beda yang bagus dan spesifik serta diisi dengan materi yang singkat padat dan jelas. Itu bisa anda gunakan ketika mencari Pidato Anak SMP Yang Bagus. Berikut ini adalah selengkapnya:

1. Pidato Tentang Agama
Pada pidato anak SMP tentang agama ini berisikan bagiamana pentingnya agama sebagai pedoman hidup. Ya, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa tanpa memegang atau memeluk agama hidup seseorang bisa hampa dan hambar serta tersesat. Berikut ini penggalan isi. 

“Seseroang bisa dengan mudah mendapatkan harta, bisa dengan mudah mencapai tahta dan bisa menggapai wanita yang ia mau. Tapi, jika ia tidak punya agama maka rasa syukur  paa dirinya hilang dan segala yang ia punya akan hambar. Akan hampa. Kemudian hatinya menjadi batu, segala kebaikan yang harusnya dikerjakan tidak ia ia kerjakan. Segala yang biak menghilang. Berubah menjadi malapetaka kufur yang berkepanjangan. Ibarat dalam berkendara, ia kehilangan rute dan nyasar kemana-mana”.

2. Pidato Tentang Kebersihan
Pada pidato anak SMP tentang Kebersihan ini berisi ajakan dan motivasi kepada pendengar untuk menjaga kebersihan. Kebersihan merupakan pangkal dari hidup sehat, sedangkan lingkungan kotor adalah sumber penyakit. Berikut sedikit kutipannya:

“Kita bisa membandingkan lingkungan yang kotor dengan lingkungan yang bersih. Tentu kita akan lebih nyaman berada di lingkungan bersih ketimbang yang penuh dengan sampah. Tak hanya merusak pemandagan, lingkungan kotor juga menimbulkan bau tak sedap yang acapkali  tercium,”

3. Pidato Tentang Narkoba
Pidato anak SMP tentang Narkoba sangat penting untuk disampaikan. Kenapa ? Hal ini untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa dri pemakaian barang haram tersebut. Terlebih narkoba bisa membuat mental rusak secara berkepanjangan. Berikut kitipan teks atau naskah Pidato Anak SMP Yang Bagus tentang narkoba yang telah di upload sebelmunya.

“Kita sudah banyak melihat anak SMP dan remaja sebayanya yang rusak karena bahan berbahaya ini. Badan mereka rusak, pola pikir mereka jadi dangkal dan hubungan sosial mereka pun menjadi buruk. Pokoknya banyak sekali negatif nya jika sudah menggunakan barang ini,”.

4. Pidato Tentang Pendidikan
Pidato anak SMP tentang pendidikan yang telah kami buat berorientasi pada ilmuyang harus dikejar oleh setiap remaja SMP. Dengan penyampaian yang lugas dan tegas pidato anak SMP yang bagus ini juga cocok untuk diperdengrakan. Berikut kutipannya:

“Setelah ini kita akan berpindah atau naik level ke jenjang SMA, kemudian nanti kuliah. Teman-teman, menuntut ilmu itu tidak ada batasannya. Bahkan sampai tua kita masih diwajibkan. Apalagi bagi yang islam, ilmu agama wajib hukumnya untuk dicari dan pelajari,”.

5. Pidato Anak SMP Yang Menggetarkan Dunia

Mungkin terkesan berlebihan. Namun ini adalah sebuah diksi untuk sebuh pidato yang sangat ber-api-api dalam menyemangati. Isinya adalah optimisme pemuda agar bisa menaklukan ekonomi dunia dengan kecerdasan dan potensi yang ada di Indonesia. Berikut ini peenggalannya:

“Perubahan ada di tangan kita. Ya, ditangan anak SMP. Karena kita adalah penerus bangsa. Sekarang kita harus giat belajar agar kita bisa cerdas dan lebih cerdas dari mereka. Setelahnya kita manfaatakan sumberdaya yang ada menjadi sebuah nilai guna yang luar biasa,”.

6. Pidato Tentang Menuntut Ilmu
Pidato Aanak SMP tentang menuntut ilmu hampir serupa dengan sajian pidato dengan tema pendidikan. Namun dalam hal ini kami lebih menekankan ilmu islam untuk dicari. Karena agama berada diatas segalanya. Berikut kutipannya:

“Oleh sebab itu perlu siraman ilmu yang harus ia dapatkan. Caranya dengan mengaji, mengkaji dan segala macam aktivitas yang bisa dikatakan menuntut ilmu.
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224),”.

6 pidato anak SMP yang bagus ini bisa anda jadikan sebagai bahan belajar dan bahan untuk berpidato. Jika anda ingin lebih lengkap, bisa menklik tautan berwarna biru pada paragraf pertama. Anda akan diarakan lansung menuju masing-masing contoh pidato bagus untuk anak SMP tersebut.

Pidato Yang Sejenis

9 Responses to "6 Pidato Anak SMP Yang Bagus Banget, Wajib Baca"

  1. Waah lengkap ya bisa buat referensi Pas lagi nyari2 pidato hehhe. Makasih ya ;) nice share, Ada yg versi English gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti yang bahasa inggris segera tak buat mas.

      Hapus
  2. Hebat ..., dan terus terang salut dengan anak-anak sekarang yang mampu berpidato dengan baik di depan umum 👍.
    Mereka kelak bisa jadi calon pemimpin negara yang baik.

    Bekal keterampilan mereka semakin terasah dengan 6 contoh pidato di post berbobot ini.
    Sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  3. Satu lagi mas pidato yang iconic.. yaitu pidato tentang pentingnya mencuci tangan yang benar, ehehehe

    BalasHapus
  4. Baca artikel ini teringat dulu masih sekolah, kalau udah dapet giliran pidato itu gugup nggak karuan, rasanya kayak mau nembak gebetan 😄😄😄😄😄

    BalasHapus