Contoh Pidato Tentang Membuang Sampah Sembarangan

Pidato Singkat - Contoh Pidato Tentang membuang Sampah Sembarangan. Sampah adalah salah satu masalah yang sedang menerpa negara kita. Banyak orang-orang yang membuang sampah secara sembarangan. Padahal sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa dampak buruk akibat sampah sangat banyak.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan contoh pidato terkait dengan sampah. Semoga pidato ini dapat menjadi bahan ajakan agar mau dan mampu membuang sampah dengan bijak alias tidak sembarangan.

Pidato ini bertema ajakan dan jenis pidato persuasif, artinya mengajak. Pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar, memengaruhi, serta bersifat mengajak atau membujuk para pendengar agar mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut.

Teknik menyampaikan pidato persuasif:

  • Berikan alasan ajakan itu penting
  • Beri contoh kasus
  • Tegaskan kepentingan
  • Suguhkan data
  • Jangan berbohong
  • Pembawaan yang santun
Pembukaan Pidato Tentang membuang Sampah Sembarangan
Assalamualailum WR WB.

Yang terhormat para pejabat aparatur daerah yang datang dan juga masyarakat wilayah Kabupaten ini. Dan yang saya banggakan seluruh masyarakat yang telah hadir dalam acara hari peduli sampah nasional ini.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmatnyalah kita dapat berkumpul dan berbahagia seperti sekarang ini. Shalawat serta salam marilah kita kerikan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman yang gelap ke jaman terang seperti ini.

Isi Pidato Tentang membuang Sampah Sembarangan
Hadirin sekalian marilah kita sadar diri terlebih dahulu. Sadar tentang apa? Tentang sampah yang setiap hari kita buat. Ada berapa banyak sampah yang kita hasilkan dari kegiatan atau aktivitas kita sehari-hari?

Pagi hari kita sudah membuat sampah dari aktivitas rumah tangga, siangnya kita beli makanan ada bungkusnya yang jadi sampah, agak sore kita sisakan puntung rokok yang jadi sampah, sore hari masak lagi buat sampah lagi, jajan malam bungkusnya adalah sampah lagi.

Pidato Tentang Membuang Sampah Sembarangan
Gambar: Tim Pidato Singkat

Jadi dalam sehari ada berapa banyak sampah yang kita hasilkan hadirin?  Dari semua sampah kita itu mana yang sudah kita buang ke tempat yang seharusnya?

Kita semua tentu sadar bahwa sampah selalu kita hasilkan. Tapi apakah kita pernah untuk tidak membuang sampah sembarangan? Atau kita selalu saja membuang sampah sembarangan?
Perlu kita ingat dan kita camkan bahwa banyak akibat ketika sampah kita letakan disemrang tempat .
  • Sampah bisa menyendat saluran irigasi
  • Mengotori sungai dan menghambat laju airnya
  • Mengotori lingkungan sekitar
  • Potensi sumber penyakit
  • Dan masih banyak lagi
Hadirin, jangan anggap sepele kebiasaan membuang sampah sembarangan. Karena dampaknya bisa sangatlah besar. pernah kah anda menonton televisi ? ada berita banjir yang diakibatkan akibat sungai meluap karena tersendat.!

Hadirin sekalian, kita mungkin bisa mencontoh negara-negra yang sudah maju. Lingkungan mereka bersih, kualitas hidup juga makin baik dan masa depan lingkungan lebih terjamin. Namun kita bisa melihat kontradiksinya di negara kita hadirin.

Maka dari itu saya mengajak kita untuk sadar dan tidak membuang sampah sembarangan. Kalau memng tidak ada pengelola sampah atau yang mengambil sampah di kampung anda, anda bisa bermusyawarah dengan kepala desa untuk mencapai solusi terbaiknya.

Membuang sampah sembarangan adalah sama saja dengan menabung bencana, siapa disini yang tidak takut bencana. 
  • Ingat, sampah kita adalah benda berbahaya hadirin
  • Sampah kita adalah sumber malapetaka
Penutup Tentang Pidato Membuang Sampah Sembarangan
Mari hadirin, buang kebiasaan yang buruk itu dan ganti dengan kebiasaan yang baik. Mari bersama kita bisa mengatasi masalah sampah ini. Sadar, mau dan konsisten akan merubah lingkungan kita menjadi lebih apik.

Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kata yang dan makna yang salah, kepada Allah SWT saya memohon ampun. Saya akhiri Wasalamualaikum WR. WB.

Nah, itulah contoh pidato tentang membuang sampah sembarangan. Pidato ini bisa anda bacakan jika ada sebuah acara atau pertemuan berkenaan atau berkaitan dengan sampah.  Untuk menambah tajam pidato anda, carilah referensi data terkait sampah, hal ini agar pidato anda lebih berisi. Selamat mencoba.

Berikut ini kami berikan beberqapa poster ajakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ajakan atau persuasif poster ini bisa menjadi gambar yang semakain menyadarkan. 

Sumber: Ist

Sumber: Negeri Kita Sendiri

Sumber: Mizanstore

Berikut ini adalah bukti bahwa sampah dapat merusak lingkungan dunia. Gambar ini benar-benar memberikan fakta bahwa sampah adalah masalah global. 

Betapa sampah sangat berbahaya bagi satwa liar


Lihat, ternyata negara kita adalah penyumbang sampah plastik terbesar nomor 2. 

Lalu apa yang bisa kita lakukan ???

Kita bisa berpidato kepada teman-teman kita dengan pidato persuasif tentang jangan membuang sampah sembarangan. Dengan begitu setidaknya kita melakukan ajakan kepada oarang disekitar kita agar mau membuang samapah pada tempatnya. 

Pidato ini bisa dilakukan di sekolah, perumahan atau dimana saja. Kampanye untuk lingkungan yang lebih bersih danlebih baik untuk masa depan kita. Karena lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. 

Nah, jika teman-teman hendak berpidato, bisa rekam dan unggah di sosial media agar mengajak yang lain. Berikan hastag berikut untuk meramaikannya: #PidatoPersuasifTentangBuangSampahSembarangan #PidatoSampah #PidatoJanganSembarangBuangSampah #SaveLingkungan #JagaBumi #JagaLingkungan

Pidato Yang Sejenis

22 Responses to "Contoh Pidato Tentang Membuang Sampah Sembarangan"

  1. sangat membantu dalam mengerjakan tugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah , terimakasih kak kalau sampai begitu. Senang bisa bermanfaat

      Hapus
  2. Mantap pidatonya kang buat menginspirasi yang suka pidato. Apalagi skg masi banyak yang sering buang sampah sembarangan

    BalasHapus
  3. Iya, semoga masalah buang sampah sembarangan bisa teratasi

    BalasHapus