4 Contoh Pidato Anak SMA Singkat Yang Bagus dan Mantap

Pidato Singkat - Contoh Pidato Anak SMA Singkat. Berpidato di depan teman-teman SMA di sekolah merupakan sebuah tantangan tersendiri. Telebih yang berpidato tersebut adalah seorang anak SMA. Rasa grogi, malu dan kurang percaya diri kadang megakibatkan gugup saat berpidato. Sebenranya ada banyak cara atau tips sebelum berpidato agar lancar. 

 Ilustrasi

Seseorang yang punya rasa grogi tinggi juga bisa mengatasinya dengan mempersingakt pidatonya. Pidato singkat ialah pidato dengan durasi tak lama namun tetap memperhatikan isinya. Biasanya pidato jenis ini justru lebih singkat padat dan jelas. 

Sebelumnya, kami telah membuat 4 pidato anak SMA singkat yang terdiri dari berbagai macam tema. Pidato tersebut telah kami buat singkat padat dan jelas. Secara keseluruhan pidato tersebut berisi ajakan kepada teman SMA untuk melakukan hal pisitif atau kebiasaaan postif. 

Secara keseluruhan, kami memberikan kerangka pidato secara lengkap mulaid dari pembukaan, isi hingga penutup. Untuk pembukaan dan penutup kami membuat secara singkat. Kurang lebih seperti berikut ini.

Pembukaan Pidato Anak SMA Singkat
Assalamualaikum Wr Wb, yang terhormat bapak dan ibu guru serta orang tua kami yang kami sayangi. Serta teman-teman dari SMA 01 Maju Jaya Syafus yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah Swt, karena atas limpahan rahmatnyalah kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat. Salawat serta salam juga marilah kita sanjung agungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman kebodohan hingga jaman terang benderang seperti ini.

Penutup Pidato
Catatan: Sebelumnya bisa diisi penegasan pesan yang disampaikan dari isi pidato, misalkan: Jadi teman-teman, sampah itu jika kita biarkan ya akan merusak lingkungan. Oleh sebab itu mari kita biasankan untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Setelah itu barulah diisi dengan kalimat penutup pidato singkatnya.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata, saya akhiri wasalamualaikum Wr. Wb.

Untuk 4 Contoh Pidato Anak SMA Singkat, berikut ini adalah kutipan dari pidato yang telah kami posting sebelumnya. Anda bisa menekan atau klik pada kalimat berwarna biru untuk melihat pidato secara keseluruan.

Pidato Anak SMA Singkat Anak SMA Tentang Pendidikan
Pada pidato anak SMA tentang pendidikan ini berisikan ajakan memanfaatkan waktu untuk terus menuntut ilmu dan agar serius dalam menempuh pendidikan. Berikut ini adalah kutipan dari isi piadto tersebut:
“Pendidikan itu penting teman-teman, karena kita butuh ilmu untuk mengarungi kehidupan ini. Dan jenjang pendidikan itu tidak akan pernah usai. Setelah SMA masih ada kuliah D1, D2, D3, S1, S2, S3 dan lainnya. Intinya ilmu sangat luas teman-teman, kita harus menguasaninya,”.
Pidato Anak SMA Singkat Menggetarkan Dunia
Siapa bilang anak SMA tidak bisa menggetarkan dunia. Dengan pidato anak SMA yang menggetarkan dunia ini, rasanya dunia akan melihat betapa semangat dan optimisme seorang remaja. Berikut adalah kutipannya:
“Kita punya banyak hal yang tidak dipunyai bangsa lain. Kita punya semangat, kita punya kekayaan yang belum diolah dan itu melimpah. Kita punya semangat gotong royong. Kita punya waktu untuk membuktikan itu semua. Setuju ???,”.
Pidato Anak SMA Singkat Tentang Lingkungan
Pidato anak SMA Tentang Lingkungan ini memberikan ajakan untuk menjaga lingkungan sekitar mulai dari rumah dan juga sekolah. Kita tentu paham bahwa lingkungan yang bersih akan membawa banyak kebaikan, sedangkan lingkungan kotor akan membawa ke hal-hal tidak baik. Berikut adalah kutipannya:
“Kita bisa meniru banyak negara diluar sana, Korea Selatan, Singapura, Malaysia dan negara-negara di Benua Eropa sana sudah sangat bersih. Budaya buang sampah sembarangan sudah ditinggalkan. Oleh sebab itu negara mereka sudah bebas dari sampah berserakan,”.
Pidato Anak SMA Singkat Tentang Kesehatan
Pidato anak SMA tentang kesehatan ini memberikan pandangan atau stigma terkait pentingnya menjaga kesehatan. Apalagi anak muda tingkat SMA masih punya masa depan panjang. Kesehatan menjadi salah satu penunjang untuk mereka. Berikut kutipannya;
“Teman-teman, kita saat ini masih SMA dan masih punya masa depan yang panjang, Kesehatan adalah salah satu hal penting untuk masa depan kita. Mari kita jaga dan kita upayakan untuk kesehatan kita sebagai langkah menyambut masa depan. Setuju ?????,”.
4 Contoh pidato anak SMA singkat tersebut bisa anda gunakan sebagai referensi untuk berpidato. Teman yang ada bisa anda sesuakan dengan kebutuhan. Bagi teman-teman yang menginginkan tema pidato lain bisa pesan di kolom komentar.

Pidato Yang Sejenis

4 Responses to "4 Contoh Pidato Anak SMA Singkat Yang Bagus dan Mantap"

  1. Serasa belajar lagi yaa, ingat waktu SMP malahan buat pidato

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dulu sewaktu SMP dan SMA kita memang diberi tugas semacam ini mas

      Hapus
  2. Bagus ini untuk belajar pidato, bahkan bukan anak SMA saja. Karena, belajar bicara di panggung/pidato itu perlu sebagi bentuk penguasaan dan pembelajaran diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bu Tuteh, Pidato juga bisa melatih mental pelajar loh

      Hapus