Inilah Contoh Pidato Caleg yang Bagus dan Berwibawa

Pidato Singkat - Contoh Pidato Caleg. Caleg atau calon legislatif adalah seseorang yang mencalonkan diri menjadi anggota dewan legeslatif pada sebuah pemilihan umum di suatu daerah. Orang tersebut diseleksi kemudian ditetapkan menjadi caleg oleh Komisi Pemilihan Umum. 

Contoh Pidato Caleg
Ilsutrasi

Pemilihan umum yang diselenggarakan di Indonesia cukup meriah dan panas. Sebelum memulai pencoblosan, semua caleg diberikan kesempatan untuk berkampanye. Masa kampanye menjadi perkenalan diri dan promosi diri kepada masyarakat. Disinilah para caleg akan unjuk gigi dan meraup simpati masa pendukung untuk memilihnya.

Pidato caleg yang bagus akan memberikan keyakinan kepada masyarakat terhadap caleg tersebut. Berikut tips dari tim pidato singkat ketika anda seorang caleg yang ingin berkampanye.
1. Ingatkan diri anda bahwa niat pencalonana adalah untuk kebaikan (agama, nusa dan bangsa)
2. Jangan berjanji jika tak sanggup untuk menepati.
3. Jangan berbicara kebohongan
4. Buatlah acara yang tidak melanggar agama dan hukum
5. Pakai pakaian yang sopan, elegan dan mencerminkan seorang pemimpin
6. Jangan ada niatan untuk berbuat tidak baik
7. Berbuat baiklah

Anda juga bisa membaca: Mengatasi Gugup Saat Pidato

Pembukaan Contoh Pidato Caleg
Assalamualaikum Wr. Wb. Yang terhormat bapak ibu sekalain dan para kader partai. Yang terhormat tamu undangan dan para orang tua atau sesepuh desa ini. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmatnyalah kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat ini. Salawat serta salam juga marilah kita sanjung agungkan kehadirrat Nabi Besar Muhammad SAW. Beliaulah yang kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir kelak.

Bapak ibu yang hadir, hari ini saya akan memperkenalkan diri saya lebih dalam lagi bersama visi misi saya. Saya juga akan memberikan uraian program, komitmen dan hal-hal yang saya akan lakukan ketika saya terpilih nanti. (Memperkenalkan diri, asal partai, boleh juga ditambah rekam jejak).

Isi Pidato Contoh Pidato Caleg
Bapak ibu yang terhormat, saya datang dan terpanggil untuk nyaleg karena saya ingin menjadi yang di depan. Saya ingin menjadi yang di depan karena saya sudah lama di belakang. Saya dibelakang melohat ada banyak hal yang harus dirubah. Apa saja ????

Sistem yang kurang berpihak pada situasi, kemiskinan yang harus dihilangkan, pendidikan, lingkungan alam, tata pemerintahan, pengelolaan fasilitas dan masih banyak lagi yang tentunya harus diperbaiki. Itulah mengapa saya terpanggil.

Bapak ibu, negara kita ini negara tropis. Tanahnya subur, cuacanya mendukung untuk pertanian. Tapi kenapa masih banyak petani miskin ???? Dari kaca mata besar saya, penyebabnya adalah distribusi pasar yang terlalu panjang. Selain itu, ada juga kualitas produknya yang juga kurang baik. Ada juga sikap abai dari pemerintah yang tidak mengurusi 2 masalah tersebut sehingga masalahnya semakin membesar. 

Negara kita ini juga negara maritim yang punya luas laut sangat lebar. Tapi banyak nelayan yang masih miskin. Kenapa ?? Kadang hasil tangkapan tak banyak karena kendala alat. Harga ikan juga masih belum berpihak ke nelayan. Nelayan harus diberi alat, dilatih dan juga diberi kepastian harga.

Saya juga menyoroti pendidikan di Indonesia. Kita sering menang lomba, olimpiade, kita punya banyak sekolah internasional. Tapi kita juga punya banyak sekolah yang tidak ber tembok layak. Artinya ada banyak kesenjangan dalam hal pendidikan. Padalah pendidikan adalah ruh sebuah bangsa. Bangsa yang cerdas akan berprestasi, produktif dan punya daya saing.

Saya juga melihat ada sebuah msalah besar. Ini tentang mental dan karakter bangsa yang kurang baik. Masih banyak maling, begal, pemakai, oknum, koruptor, dan penjahat lainnya. Artinya masih perlu perbaiki ahklak. Oleh sebab itu, kita semua harus koreksi diri dan memperbaiki ahklak dalam berkehidupan bernegara ini.

Terkait visi dan misi saya, berikut ini akan saya sampaikan.
1.
2.
3.
Dst

Itulah yang menjadi kacamata besar saya mengapa sayua maju menjadi calon legislatif. Semoga bapak dan ibu disini meberikan restu dan dukungannya kepada saya. Besar harapan saya untuk kemajuan bangsa ini. Negara kita butuh perubahan ke arah yang lebih baik, dan saya adalah bagian dari pejuang perubahan itu.

Penutup Contoh Pidato Caleg
Bapak ibu sekalian, mungkin itulah sedikit hal yang bisa saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada salah kata. Saya akhiri wasalamualaikum Wr. Wb.

Referensi pidato diatas bisa menjadi teks atau naskah contoh pidato caleg. Yakinkan masyarakat dengan bukti, bukan janji. Jadilah pemimpin inspirator bukan motivator, itu akan lebih  baik.

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Inilah Contoh Pidato Caleg yang Bagus dan Berwibawa"

Posting Komentar