Tips Mengatasi Gugup Saat Akan Berpidato

Pidato Singkat - Cara mengatasi gugup saat pidato. Bagi sebagain orang berpidato itu terasa mudah dan malah menyenangkan, tetapi kalau yang tidak terbiasa rasanya seperti memikul beban yang berat di pundak. Gugup, nerves (nerveous), pucat bahkan ada yang sampai sakit perut segala.

Maklum saja, saat berpidato ada banyak pasang mata yang akan fokus ke pembicara. Mulai dari perkataan, gerak tubuh, pakaian sampai ke mimik muka diperhatikan.

Sebelumnya tim CPM telah membuat 5 tips sebelum berpidatoa agar lancar. Di poin kelima ada pembahasan mengenai jangan gugup saat berpidato. Gugup akan merusak 4 pion sebelumnya yang sudah dipersiapkan. Lalu bagaimana cara mengatasi gugup saat berpidato? Jurus jitu apa untuk mengatasi gugup? Kali ini CPM mencoba membahas itu.

Jangan Ada Harapan Untuk Tampil Sempurna
Yang akan menjadi beban pikiran anda adalah keinginan untuk tampil sempurna. Padahal jelas bahwa yang namanya manusia tak bakalan sempurna. Berniatlah untuk kebaikan sehingga ada sugest dan aura positif yang menyertai. Tah anda hanya sekedar menyampaikan saja, tanggung jawabnya sebatas itu. Ingat, berpidato bukan untuk untuk tampil sempurna, tapi untuk menyampaikan.

Jadi yang anda mesti lakukan yakni fokus pada materi anda saja, jangan berfikir pengen ini pengen itu, harus gini harus gitu. Pidato anda akan lebih berkesan jika materinya padat berisi. Jangan sampai kekhusukan pidato anda terganggu akibat keinginan tampil hebat ya. “jangan mengharuskan diri untuk tampil sempurna”

Konsentrasi Dan Tetap Tenang Serta Menyiapkan Mental
Ketika tiba waktunya anda untuk berpidato, jangan ada fikiran macam-macam tetaplah fokus pada apa yang akan anda sampaikan. Kalaupun di perjalanan saat berpidato anda lupa dengan naskahnya maka ingatlah garis besar materi anda. Garis besar itu bisa dicatat di kertas kecil sebelum berpidato. Urutkan catatan itu sesuai alur yang anda inginkan.

Tips Mengatasi Gugup Saat Akan Berpidato
Abraham Sammad sedang berpidato

Nah, bagaimana menyiapkan mental sebelum berpidato? Jawabannya adalah latihan, bisa latihan di depan cermin, bisa juga di hadapan rekan atau teman anda. Anda bisa mengevaluasi dan meminta saran sehingga mental semakin matang.

Awalai Dengan Doa
Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa the power of doa merupakan hal yang mampu memupuk keberanian seseorang. Karena semua kendali kehidupan ada di tangan yang diatas :D

Nah itulah cara-cara mengatasi grogi saat pidato. Yang perlu digaris bawahi adalah apa sih subtansi yang akan anda sampaikan sehingga sasaran dan tujuannya bisa tersampaikan. Berpidatolah dengan berani dan yakin.  Selamat berpidato alias pidatoin aja!

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Tips Mengatasi Gugup Saat Akan Berpidato"

Posting Komentar