5 Tips Sebelum Pidato Agar Lancar

Pidato Singkat - Tips Sebelum Berpidato Agar Lancar. Assalamualaikum. Kali ini Tim CPM akan membahas mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pidato. Ya, di sebagian kalangan berpidato terlihat hal yang mudah namun tak sedkiti orang yang menganggap bahwa berpidato di depan umum itu suatu hal yang sangat sulit bahkan seperti beban.

Apa ya materi yang mesti disiapkan? Pembukaannya gimana? Bagaimana mengatasi grogi saat di depan audience? Pertanyaan itu muncul seiiring timbulnya rasa kecemasan sebelum hari H pelaksanaan acaranya.

Nah untuk itu kami mencoba memberikan tips sederhana yang bisa mengatasi hal itu. Berikut adalah tips tips sebelum berpidato agar lancar:

1. Kuasai Materi Anda
Tentu Anda akan menyampaikan pidato berdasarkan tema atau suasana. Buat naskah pidato dan banyaklah membaca mengenai topik yang akan Anda gunakan untuk berpidato. Kalau Anda jago dalam menghapal memang akan lebih mudah, namun jika susah menghapal maka disarankan untuk banyak memahami topik. Caranya adalah dengan membaca atau melihat video terkait topik tersebut. Selanjutnya perlu juga Anda buat garis besar materi pidato Anda.


Presiden Erdogan Sedang Berpidato

2. Latihan Berbicara
Cara sederhananya yaitu dengan melatih bicara di depan cermin. Gerak tubuh dan mimik muka anda mesti dilatih. Jika sudah, lakukan latihan di depan teman, keluarga atu orang dekat Anda. Bayangkan suasana saat digelarnya acara pidato Anda. Cara ini sering dipakai untuk pemula yang baru atau pertama kali berpidato.

3. Kenali Audience
Nah sebelum berbicara di hadapan orang banyak, perlu Anda ketahui siapa saja yang akan mendengar. Nantinya gaya bicara dan penyampaianya disesuaikan. Semisal jika berpidato di depan anak-anak maka gaya bahasa sedikit sederhana yang mudah dicerna, sebaliknya jika di hadapan orang dewasa bisa menggunakan bahasa yang tinggi.

4. Mengembangkan Bahasan
Ada kalanya disaat berpidato para audience kurang fokus kepada yang berbicara. Hal ini bisa jadi karena topik tidak menarik dan sebagainya. Untuk mengatasi ini Anda perlu berimprovisasi, yaitu mengembangkan pembahasan. Semisal saat kondisi tidak kondusif bisa anda ajak untuk kembali fokus dengan bahasa candaan ringan yang tak membuat kaku.

5. Jangan Gugup
Ya, rasanya percuma saja menyiapkan 4 tips diatas jika pada pelaksanaanya Anda justru malah tidak bisa mengontrol diri. Usahakan tetap tenang dan berfikir positif, kalau bayangan anda yang negatif justru akan menambah beban.  Jangan lupa bedoa kepada Allah SWT sebelum memulai pidato dan yakin bahwa yang memberikan kekuatan untuk berbicara adalah Allah SWT.

Nah itulah tips sederhana sebelum melakukan pidato. Semoga bisa membantu Anda menyiapkan proses berpidato Anda. Selamat mencoba dan terimaksih telah mampir di blog kami.

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "5 Tips Sebelum Pidato Agar Lancar"

Posting Komentar