Pidato Tentang Perdamaian Oleh Jokowi

Pidato Singkat - Presiden Joko Widodo berpidato tentang pentingnya menjaga perdamaian dalam KTT ke-37 ASEAN. Jokowi berpendapat, sangat normal di tengah rivalitas dua kekuatan besar dunia, masing-masing ingin menarik ASEAN untuk berpihak.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidato di KTT ke-37 ASEAN secara virtual. Jokowi menuturkan ASEAN harus solid, menjaga keseimbangan, terus menyampaikan pesan untuk memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan, terus menyampaikan pesan pentingnya para mitra untuk menghormati Treaty of Amity and Cooperation, dan terus menyampaikan pesan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982.

"Dengan soliditas dan komitmen kuat untuk memajukan kerja sama inklusif, ASEAN tidak akan terjebak di antara rivalitas tersebut dan ASEAN akan dapat memainkan peran sentralnya dalam pengembangan kerja sama kawasan. Tentunya hal ini bukan merupakan hal mudah. Tapi saya yakin, dengan soliditas dan komitmen kuat, kita akan dapat menjalankannya," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020).

Jokowi juga menyambut baik akan dikeluarkannya ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework. Pengaturan ASEAN Travel Corridor tersebut sebelumnya telah diusulkan Jokowi pada KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020.

"Saya menyambut baik di KTT ini kita akan mengeluarkan ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework. Untuk itu, rencana implementasi ASEAN TCA harus segera diwujudkan," tutur Jokowi.

Berita ini telah tayang d Detik dengan judul Pidato di KTT ASEAN, Jokowi Dorong Perdamaian Stabilitas 

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Pidato Tentang Perdamaian Oleh Jokowi"

Posting Komentar