Inilah Contoh Pidato Tentang Motovasi Belajar Siswa

Pidato Singkat - Pidato Tentang Motivasi Belajar Siswa bisa membuat semangat belajar setiap orang menjadi meningkat. Apalagi kata-kata dan kalimat persuasif dalam pidato bisa mempengaruhi pendengar dalam meningkatkan belajar. 

Pidato Tentang Motovasi Belajar
 Ilsutrasi

Kita tentu paham bahwa semangat belajar acapkali naik turun. Penyebabnya ada banyak, mulai dari malas, masalah, asmara dan lainnya. Jika semangat dan etos belajar mulai menurun, kita bisa menaikan lagi dengan memberikan kata-kata motivasi belajar melalui pidato.

Oleh sebab itulah kami membuat sebuat teks atau naskah pidato dengan tema motovasi belajar. Harapannya akan menjadikan suntikan tambahan untuk semangat belajar.

Pembukaan Pidato Tentang Motovasi Belajar Siswa

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam teman-teman. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmatnyalah kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat. Yang kedua marilah kita bersalawat kepada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW. Semoga di hari akhir kelak kita mendapatkan syafaatnya. Aminnnn.

Isi Pidato Tentang Motovasi Belajar Siswa
Teman-teman, perlu diketahui bahwa salah satu hal yang biak adalah menuntut ilmu. Dengan ilmu seorang bisa tinggi derajatnya, dengan ilmu seorang bisa menjaga dirinya. Tanpa ilmu, seseorang bisa saja terbelenggu dalam sebuah ketertinggalan yang akut dan memiliki pola hidup yang dangkal.
Tapi nyatanya, kadang menuntut ilmu dan belajar itu terasa berat dan membosankan. Ada hal lain yang menarik sehingga belajar menjadi terabaikan. Padahal, masa depan kita itu pondasinya adalah ilmu, bukan sejauh mana kita main-main.

Kenapa kita harus belajar??? 

Kita sudah dianugerahi dengan otak yang satu-satunya dimiliki oleh mahkluk Allah. Sudah semestinya otak itu kita isi dengan ilmu. Caranya yakni dengan belajar. Mengasah ilmu dengan belajar giat baik di sekolah maupun di rumah dan di tempat lain.

Saat ini persaingan sudah sangat ketat, banyak orang pintar. Kita pun harus pintar agar bisa bersaing dengan mereka. Bersaing dalam hal apa? Prestasi dan juga mencari kerja di masa mendatang. Karena sejatinya kita adalah manusia yang punya masa depan.

Masa depan seseorang ditentukan dari masa sekarangnya. Jika ia malas-masalan bisa jadi ia akan terjungkal dimasa depan. Namun jika kita belajar dan terus berhati-hati, maka insyaaalh kita akan diberi jalan mulus karena ilmu.

Semua itu butuh ilmu, saya ingin mencontohkan seorang yang punya ilmu dan tidak punya ilmu. Di suatu saat ada dua orang yang bekerja menagngkut air. Yang satu sangat tekun san yang satunya sangat pasrah. Ketekunan salah seroang tersebut ditambah dengan keingin tahuannya akan ilmu sehingga membuatnya belajar. Dan seorang lagi memilih pasarh dengan keadaan tanpa belajar. Di suatu saat, orang yang tekun itu menemukan ide untuk membuat saluran air agar ia tidak capek untuk mengankut airnya. Dan si pasrah tetap saja pasrah hingga tua ia mengangkut air ke rumahnya. Si tekun, dimasa tuanya ia tidak mengangkut air lagi karena ini sudah punya aliran air yang bisa menghantarkan air sampai ke rumahnya.

Pelajaran yang berharga ialah si tekun yang mau belajar sehingga ia mendapat ide baru yang memudahkan hidupnya di masa depan. Itu yang harus kalian contoh, belajar dengan tekun untuk masa depan yang lebih baik.

Penutup Pidato Tentang Motovasi Belajar Siswa

Pesan saya terakhir yakni: Jangan sia siakan waktu muda kita tanpa mengisinya dengan belajar. Karena ilmu itu penting untuk menyelamatkan kita di dunia dan akhirat. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, saya akhiri wasalamualaikum Wr.Wb.

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Inilah Contoh Pidato Tentang Motovasi Belajar Siswa"

Posting Komentar