Pidato Anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW Lengkap

Pidato SingkatBagiamana jika seorang anak TK berpidato dengan tema Pidato anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW ? Tentu sebuah hal yang keren bukan... Seorang anak usia dini dengan kepolosannya tentu akan menjadikan sebuah tampilan pidato yang luar biasa.

Pidato Anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi

Nah, kami mempunyai sebuah teks atau naskah Pidato anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa anda gunakan untuk buah hati ketika ada tugas terkait hal ini. Pidato ini kami lengkapi dengan pembukaan, isi dan penutup yang singkat padat dan jelas. Berikut adalah contohnya:

Pembukaan Pidato anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW
Assalamualaikum Wr Wb, yang terhormat bapak dan ibu guru serta orang tua kami yang kami sayangi. Serta teman-teman dari TK Syafus Majidu yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah Swt, karena atas limpahan rahmatnyalah kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat. Salawat serta salam juga marilah kita sanjung agungkan kepada nabi muhammad saw yang telah membawa kita dari jaman kebodohan hingga jaman terang benderang seperti ini.

Isi Pidato anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Allah SWT menyampaikan shalawatnya kepada Nabi itu, sebagai bentuk rahmat dan keberkahan. Para malaikat pun menyampaikan shalawat kepadanya sebagai bentuk pujian dan permintaan ampunan, sedangkan orang-orang mukmin bershalawat kepadanya sebagai bentuk penghormatan. Allah SWT berfirman:
إنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. al-Azhab: 56)

Teman-teman dan bapak ibu guru, banyak keutamaan-keutamaan yang dapat diperoleh bagi seorang muslim yang mau mengangungkan baginda Nabi Muhammad.

Ungkapan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad
Meneguhkan Kembali Kecintaan kepada Beliau
Mendapatkan Rahmat Allah SWT
Imam Syafi’i Rohimahullah berkata:

من جمع لمولد النبي صلى الله عليه وسلم إخوانا وهيأ طعاما وأخلى مكانا وعمل إحسانا وصار سببا لقراءته بعثه الله يوم القيامة مع الصادقين والشهداء والصالحين ، ويكون في جنات النعيم.

Artinya :

“Barang siapa yang mengumpulkan saudara-saudara untuk memperingati Maulid nabi, kemudian menyediakan makanan, tempat, dan berbuat kebaikan untuk mereka serta ia menjadi sebab untuk atas dibacakannya maulid nabi, maka Allah akan membangkitkan dia bersama-sama orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholeh. Dan dia akan dimasukkan dalam syurga na’im.”

Kelahiran Nabi Muhammad digambarkan oleh Al-Qur’an sebagai keutamaan dan rahmat yang universal dan agung, memberikan kebahagiaan dan kebaikan bagi seluruh manusia. dalam dua ayat di atas Allah SWT dengan lahirnya beliau dan diutusnya beliau sebagai rasul adalah sebuah rahmat yang tidak terkira bagi seluruh alam semesta ini, rahmatan lil ‘alamin. Merayakan tahun kelahiran raja, negara, atau hanya orang biasa, saja bermegah-megahan, kenapa kita sebagai muslim merayakan kelahiran  Nabi yang disanjung-sanjung, cukup dengan shalawat, salam, dzikir, doa, dan berbuat kebaikan seperti sedekah dan membahagiakan orang, ogah-ogahan?

Penutup  Pidato anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW
Dengan memperingati maulid nabi, semoga kita semakin dekat lagi dengan Allah. Semakin mengingatkan lagi akan kebesaran Allah dan mengingat siapa sebenarnya sang Rasul Allah. Mungkin, itu saja yang bisa saya samaikan, kurang lebihya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Saya akhiri Wasalamaualikum Wr. Wb.

Demikianlah informasi terkait Pidato anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga bisa menjadi referensi anda atau buah hati anda sebelum berpidato.

Catatan dan ucapan terimaksih: Sebagian isi dari Wikipedia dan tebuireng.online serta Toko Jibab Xyz.

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Pidato Anak TK Maulid Nabi Muhammad SAW Lengkap"

Posting Komentar