2 Pidato Singkat Islami Beserta Hadist dan Ayat

Pidato Singkat - Pidato Singkat Islami Beserta Hadist dan Ayat bisa menjadi sebuah alternatif untuk menyampaikan kebaikan tentang islam baik itu berbentuk kabar baik (perintah) maupun peringatan. Sejatinya memang setiap orang membutuhkan orang lain untuk bisa mengingatkannya, ibarat bunga yang membutuhkan siraman agar tetap segar. Begitulah manusia membutuhkan siraman rihani berbentuk teks atau naskah pidato agar ia tetap berada di dalam jalan lurus.

Pidato Singkat Islami Beserta Hadist

Kita tentu mengetahui bahwa islam adalah agama dengan pemeluk terbvanyak di muka bumi. Islam me njadi agama terbesar di dunia. Islam juga telah mendorong kemajuan dengan caranya akhlak yang mulia (Baca Juga Pidato singkat agama islam tentang ahklak). Berikut ini adalah contoh Pidato Singkat Islami Beserta Hadist dan Ayat yang bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum berpidato.
Pidato 1 Berjudul: Islam Rahmat Semesta Alam
Pembukaan Pidato Singkat Islami Beserta Hadist
Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat pagi bapak-ibu hadirin sekalian  sekalian... Yang terhormat bapak dan ibu guru serta rekan-rekan yang dirahmati Allah.  Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmatnyalah kita semua bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Solawat serta salam juga patut kita junjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kelak ia memberikan syafaatnya kepada kita. Amiiin.
Isi Pidato Singkat Islami Beserta Hadist dan Ayat
Agama Islam diturunkan oleh Allah SWT kepada Muhammad SAW sebagai penyempurna agama-agama sebelumnya. Allah menjelaskan dalam Al Quran, bahwasannya barang siapa yang mencari agama selain Islam, maka sekali-kali tidak akan diterima agama tersebut, sebab segala kesempurnaan agama telah ada pada Islam itu sendiri.
Allah Azza wa Jalla berfirman:

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِن بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ 
الْحِسَابِ

“Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab, kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa yang ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya.” [Ali ‘Imran: 19]

Allah Azza wa Jalla berfirman:
أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ

“Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang ada dilangit dan di bumi berserah diri kepada-Nya, (baik) dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada-Nya-lah mereka dikembalikan ?” [Ali ‘Imran: 83]

Allah Azza wa Jalla juga berfirman:
وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali ‘Imran: 85]

Hadirin................ Ayat-ayat diatas sudah menegaskan bahwa islam yang sekarang ini kita peluk adalah agama yang benar. Lalu apakah hadirin semua ragu??? Tentu tidak kan. Ragu sih tidak, tapi ibadahnya juga tidak.
Hadirin, di agama kita ini ada perintah dan larangan yang harus dikerjankan dan ditinggalkan. Allah menurunkan Kitab Al Quran yang seharusnya kita gunakan untuk menjalani kehidupan. Didalamnya ada tuntunan untuk kita beribadah dan juga ada hal-hal yang tidak boleh kita lakukan. Tercantum juga kisah-kisah para nabi dan lainnya yang bisa kita jadikan pelajaran dan pedoman hidup.
Oleh sebab itu hadirin, kita sudah tau bahwa islam adalah agama satu-satunya. Islam adalag rahmat semesta alam. Mari kita hidup sesuai dengan ketentuan silam dalam hal ini menggunakan Al Quran. Islam adalah agama yang penyelamat bagi kita.
Dulu seseorang susah payah mencari petunjuk hidup, kini islam sudah datang dan telahm menyemprnakan agama sebelumnya. Masa yang akan datang bagi kita, bisa kita jalani dengan cara islam agar selamat dunia dan akhirat.
Penutup Pidato Singkat Islami Beserta Hadist dan Ayat
Hadirin, demikianlah penyampaian singkat dari saya terkait islam sebagai rahmatan lil alamin ini. Semoga bisa menjadi renungan untuk saya dan kita semua. Akhir kata saya mohon maaf jika ada kesalahan dan saya mohon ampun kepada Allah SWT. Saya akhiri Wassalamualaikum Wr Wb.
Pidato 2 Berjudul: Masuk Islam Secara Keseluruhan
(Langsung ke isi, pembukaan dan penutup kurang lebih sama saja dengan contoh pidato islami diatas).
Bapak-ibu yang terhormat. Masuk islam saja mungkin belum cukup untuk menyelamatkan kita dari api neraka. Islam KTP saja tidak cukup untuk mengarungi dunia fana ini. Islam yang benar dan yang seharusnya diikuti adalah islam secara keseluruhan.
Apa maksudnya ?
Kita mengaku islam, tapi tidak pernah solat. Tidak pernah ibadah. Apakah itu bisa disebut dengan orang islam. ?? Jika begitu artinya adalah orang yang mengaku islam, atau orang ber KTP islam saja. Sedangkan orang islam adalah yang berserah diri terhadap keputusan Allah SWT (Menjalankan perintah dan menjauhi larangan).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah: 208)
Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Allah ta’ala berfirman menyeru para hamba-Nya yang beriman kepada-Nya serta membenarkan rasul-Nya untuk mengambil seluruh ajaran dan syari’at; melaksanakan seluruh perintah dan meninggalkan seluruh larangan sesuai kemampuan mereka.” (Tafsir Ibn Katsir 1/335).
Firman Allah diatas menegaskan bahwa kita diperintah untuk masuk islam secara keseluruhan. Ibadah jangan setengah, setengah. Hari ini solat besok nya udah gak solat. Hari ini sedekah besoknya maling. Hari ini zakat besoknya murtad, kan gak bener.
Nabi ibrahim pernah diperintah untuk menyembelih anaknya yakni nabi ismail. Ia dengan ihklas menuruti perintah tersebut. Akhirnya Allah pun memberikan keringanan. Kita pun begitu, kita diperintah oleh Allah untuk beribadah. Keringanan dalam hidup didunia akan didapat jika sepenuhnya kita beribadah kepadanya.
Demikianlah informasi terkait Pidato Singkat Islami Beserta Hadist dan Ayat, semoga bisa menjadi referensi anda baik untuk berpidato maupun mengerjakan tugas.

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "2 Pidato Singkat Islami Beserta Hadist dan Ayat"

Posting Komentar