Contoh Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak Mulia

Pidato SingkatContoh Naskah (Teks) Pidato singkat agama islam tentang akhlak. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa misi utama nabi saat di mekah adalah memperbaiki akhlak. Jaman jahiliyah atau jaman kebodohan membuat orang-orang di mekah pada saat itu berprilaku tidak baik, mereka menyembah apa yang seharusnya tidak disembah dan tidak menyembah tuhan yang sebenarnya yakni Allah SWT.

Contoh Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak
Foto Ist

Ahlak manusia memang menjadi dasar utama dalam menjalani kehidupan. Ahlak adalah cerminan diri yang nantinya tertuang dalam prilaku. Berikut ini adalah contoh teks atau naskah Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak.
Pembukaan Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak
Assalamualaikum Wr Wb. Yang terhormat bapak ibu sekalian dan teman-teman yang saya cintai. Segala puji bagi Allah SWT atas limpahan rahmatnya, atas izinnyalah kita bisa berkumpul disini dengan keadaan sehat wal afiat. Solawat serta salam marilah kita sanjung agungkan kehadirat nabi Muhammad SAW. Semoga syafaatnya di yaumil akhir kelak bisa kita dapatkan. Aminnnnnnn.
Isi Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak
Bapak ibu sekalian, tentu kita sudah paham dengan deskripsi akhlak. Akhlak dalam islam adalah sifat budi pekerti atau sifat yang telah melekat pada seseorang. Kata ahklak berasal dari bahasa arab “Al Khulk” yang diartikan sebagai perangai atau tabiat.
Hadirin, ada dua golongan ahklah yang selama ini kita pahami dan ketahui yakni ahklak terpuji dan ahklak tercela. Ahklak terpuji yakni yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim seperti sopan, sabar, rendah hati, dermawan, jujur, gigih, tutur kata yang lembut, rela berkorban, adil, bijaksana, tawakal, dan lain sebagainya.
Untuk ahklak tercela yakni yang seharunya dijauhi oleh manusia seperti dusta, iri, dengki, fitnah, sombong, ghibah, takabur, aniaya, riya dan sebagainya. Ahlak tercela ini dibenci oleh Allah. Tak hanya itu, lingkungan masyarakat juga sebenarnya tidak menyukai ahklah tercela.
Kata ahklak difirmankan oleh Allah sebagai berikut:

Sesungguhnya kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) ahklak yang tinggi yaitu meninggikan (manusia) kepada negeri akhirat (QS Ahad : 46).
Hadirin, saya perlu mengingatkan hal penting berdasarkan apa yang telah terjadi pada masa lampau mengenai ahklak. Sedemikian pentinya akhlak, dulu Rasullallah diutus pertama kami adalah untuk memperbaiki ahlak manusia. Artinya bahwa ahlak merupakan hal yang sangat penting.
Dan tugas itupun diselesaikan hingga akhirnya jaman terang benderang seperti saat ini tercipta. Namun perlu diketahui bahawa modernisasi, globalisassi dan westrernisasi mempengaruhi dan mendorong ahklak manusia untuk menjadi kian buruk.
Sikap apatis, menomor dua kan agama dan cinta dunia sangat mudah terjadi seiring perkembangan jaman ini. Inilah yang sebenarnya memunculkan masalah. Ketakutan saya adalah kembalinya jaman jahiliyah di jaman modern ini.
Makhluk sosial telah berubah menjadi mahkluk uang. Mahkluk spiritual berubahn menjadi mahkluk yang arogan. Tentu ini adalah sebuah masalah. Hawa nafsu akan mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal yang dia inginkan.
Hadirin, mari bentengi diri dengan iman agar ahklak kita pun menjadi bagus terpuji dan mulai di hadapan Allah SWT. Perbanyak baca dan amalakan al quran, kuatkan tiang agama yakni solat dan berkumpulah dengan orang soleh agar tetap berada di jalan allah dan berahkalk mulia.
Hadirin, harta tidak menyelamatkan kita. Uang, istri dan kekuasaaan pun bisa melalaikan kita. Tapi jika ahlak kita memang terpuji maka insyaallah akan terjaga dari hal-hal buruk.
Penutup Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak
Hadirin, akhir kata saya memohon maaf apabila ada kesalahan terkait kalimat yang menyinggung dan tidak baik. Kepada Allah saya mohon ampun dan saya akhiri Wasalamualaikum Wr. Wb.
Demikianlah informasi terkait Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak. Semoga bisa menjadi refrensi anda sebelum berpidato.

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Contoh Pidato Singkat Agama Islam Tentang Akhlak Mulia"

Posting Komentar