Inilah Contoh Pidato Tentang Menanam Pohon

Pidato Singkat - Pidato tentang menanam pohon. Pohon adalah jenis tumbuhan keras berkambium yang terdiri dari akar batang dan daun sebagai kerangka pokoknya. Begitulah kira-deskripsi secara ilmiahnya. Terlepas dari itu pohon juga memiliki arti penting bagi kita.

Mengapa penting? Pohon adalah pabrik oksigen bagi keperluan pernafasan kita. Pohon juga penurun suhu bumi yang kian memanas. Selain dua hal penting itu ada banyak sekali manfaat penting pohon bagi kehidupan kita.

Nah, pada kesempatan inilah kami akan memberikan contoh pidato yang bertemakan ajakan untuk menanam pohon. Harapannya naskah ini bisa menjadi referensi bagi anda yang akan menyampaikan tentang hal ini.

Pembukaan Pidato Tentang Menanam Pohon
Assalamualailum WR WB.
Yang terhormat bapak kepala sekolah, bapak ibu guru, para staf, tamu undangan dan juga orang tua wali murid serta teman-teman yang saya sayangi. Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmatnyalah kita dapat berkumpul dan berbahagia seperti sekarang ini. Shalawat serta salam marilah kita berikan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman yang gelap ke jaman terang seperti ini.

Isi Pidato Tentang Menanam Pohon
Hadirin sekalian ada hal penting yang kita lupa. Apa itu ?? Hal penting itu adalah keberadaan sebuah pohon.

Pohon diciptakan oleh Allah SWT sebagai sumber oksigen bagi kita. Melalui daun-daunnya itulah keluar oksigen yang kemudian kita hirup dan oksigen mengalir di darah. Selanjutnya organ-organ kita dapat berfungsi dan kita bisa hidup. Begitu gambaran oksigen untuk kita.

Lebih besarnya lagi keberadaan pohon mampu menurunkan suhu bumi yang kian hari kian memanas. Es di kutup mencair, cuaca memanas dan bencana kekeringan ada disana sini. Untuk meredam itu semua kita bisa menanam pohon.

Pidato Tentang Menanam Pohon
Pohon yang ada di dalam kawasan hutan juga memberikan kontribusi nyata kepada kita. Pohon mampu menyimpan cadangan air di dalam tanah ketika hujan. Kemudian dialirkan di air dalam tanah dan air lur tanah. Dalam hal ini pohon memiliki peran sebagai penyimpan cadangan air melalui lahan hutannya.

Hadirin kita juga perlu menganalisa perbedaan adanya pohon dan tidak adanya pohon ketika dipinggir jalan. Terik matahari siang hari bisa teredam ketika ada pohon. Saat berhenti di lampu merah misal, jika tidak ada pohon panas akan semakin terasa. Sebaliknya jika ada pohon maka kita bisa menunggu lampu merah dengan sejuk.

Manfaat pohon lainnya sebenarnya masihlah banyak. Oleh sebab itu disini saya mengajak hadirin sekalian untuk menanam pohon. Entah itu dirumah, dikantor, disekolah, dikampus atau saat ada kegiatan penanaman pohon.

Yang kita tanam itu insyaallah menuai hasil.

Hadirin menamani pekarangan rumah kita dengan pohon akan banyak manfaatnya. Selain untuk kesejukan dan kerindangan, kita juga bisa menanam pohon buah yang kemudian bisa dipetik untuk dikonsumsi.

Pohon-pohon dengan teknik budidaya yang bagus mampu menghasilkan bibit unggul yang bisa direkomendasikan untuk tanaman pekarangan rumah. Saat ini jenis bibit itu sudah banyak tersedia di pasaran.

Penutup pidato tentang menanam pohon
Perlu saya sampaikan sekali lagi hadirin baha menanam pohon itu menguntungkan. Mari kita bersama-sama memulai hal baik ini. Untuk kita dan bumi kita. Dari pohon untuk kita dan dari kita menanam pohon.

Nah, itulah contoh teks atau naskahnya. Semoga bisa anda gunakan sebagai referensi. Selamat mencoba.

Pidato Yang Sejenis

1 Response to "Inilah Contoh Pidato Tentang Menanam Pohon"

  1. Setuju.
    Mari kita semua ikut aktif menanam pohon dan ikut melestarikan gerakan penghijauan agar bumi tidak mengalami pemanasan global.
    Lagipula kita semua tau,pohon memiliki banyak manfaat.

    BalasHapus