Pidato Tentang Stop Hoax

Pidato Singkat - Pidato Tentang Stop Hoax. Terus majunya bidang informasi dan komunikasi di dunia menyimpan masalah tersendiri yakni adanya berita palsu atau hoax. Secara global masalah ini diakui membahayakan untuk publik.

Fenomena berita bohong atau palsu mampu mempengaruhi masyarakat dan juga terkadang memelintir informasi. Sehingga persepsi masyarakatpun menjadi salah. Pada kesempatan ini kami akan memberikan contoh pidato terkait hal ini. Pidato ini bisa anda sampaikan di beberapa pertemuan yang memungkinkan untuk mengajak melawan berita bohong atau hoax.

Pembukaan Pidato Tentang Stop Hoax
Assalamualailum WR WB.
Yang terhormat para hadirin tamu undangan yang telah hadir dalam acara ini.  Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmatnyalah kita dapat berkumpul dan berbahagia seperti sekarang ini. Shalawat serta salam marilah kita kerikan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman yang gelap ke jaman terang seperti ini.

Isi Pidato Pidato Tentang Stop Hoax
Hadirin sekalian, sekalian dahylu sebelum teknologi semaju sekarang ini sangatlah susah mencari informasi. Butuh waktu dan biaya banyak untuk mendapatkan informasi. Namun saat ini ditengah era digital, informasi sangat mudah didapat.

Tinggal klik, klik dan klik saja maka info bisa kita baca melalaui situs  berita onlie, media sosial, blog, aplikasi dan berbagai sumber lainnya.

Kemudahan akses intenet saay ini membawa banyak dampak bagi kita baik positif maupun negatif. Salah satu yang negatif adalah mudahnya berita hoax beredar di publik.

Ya, jika dahulu kita susah mencari info, saat ini kita juga susah dalam menyaring info. Mana yang benar dan mana yang hoax kadang susah dibedakan. Inilah yang berbahaya.

Pelaku penyebar hoax pun banyak kepentingannya. Ada politik, sara, agama dan muatan lainnya yang mereka tujukan. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang salah dan keliru kepada kita. Sungguh itu perbuatan yang keji sekali hadirin.

Pidato Tentang Stop Hoax

Kita meski cermat dalam membaca sebuah informasi, baca, pahami, kenali sumbernya dan jangan mudah percaya. Setelah itu juga jangan buru-buru membagikan berita tersebut. kadang kita latah dalan mengenshare berita, akhirnyapun berita bohong tersebarkan.

Nah, oleh sebab itu kita harus tau benar siapa yang membagikan berita itu. Kita mesti mencari rujukan yang valid agar isi informasi kita bukanlah berita hoax. Karena sangat disayangkan apabila info yang kita dapat adalah palsu atau nol informasi.

Kita juga mesti mengarahkan keluarga kita agar cermat lagi dalam hal ini. Saat ini sudah ada posko online pengaduan untuk konten hoax oleh kominfo. Mari kita manfaatkan untuk memerangi hal ini.

Hadirin, perlu anda ketahui bahwa untuk membuat situs dan akun-akun medsos itu cukup mudah. Oleh sebab itulah para penyebar hoax ini merajalela. Hanya dengan hitungan menit, situd dan akun bisa terbuat.

Nah, saat ini mari kita sadar dan  peka terhadap adanya peristiwa ini. Mari kita ambil pelajaran dari peristiwa yang sudah-sudah dan jangan sampai kita menajdi korban berita hoax atau malah berniatmenjadi pelakunya.

Penutup Tentang Stop Hoax
Hoax adalah musuh kita bersama, mari kita awasi dan laporkan. Serta jangan mudah membagi atau menginformasikan berita yang belum jelas sumbernya. Jaga bangsa kita dari hoax.

Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kata yang dan makna yang salah, kepada Allah SWT saya memohon ampun. Saya akhiri Wasalamualaikum WR. WB.

Nah, itulah contoh pidato Tentang Stop Hoax. Pidato ini bisa anda bacakan jika ada sebuah acara atau pertemuan berkenaan atau berkaitan dengan hal ini.  Anda bisa lebih mempertajam pidato anda dengan mencari referensi kasus-kasus hoax yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pidato Yang Sejenis

2 Responses to "Pidato Tentang Stop Hoax "

  1. Stop hoax dan ajaran kebencian !.
    Manusia berkepribadian yang baik tidak akan melakukan menghasut dengan menyebarkan berita tidak baik.

    Sebagai orang terpelajar kita wajib menyaring dan membuktikan kebenaran beritanya, jangan menelan mentah-mentah dan mudah tersulut emosi.

    BalasHapus