Pidato Pembukaan Pengajian Diiringi Hadits

Pidato Singkat - Pidato Pembukaan Pengajian. Pada acara pengajian, kadang kala dibuka oleh taun rumah atau pihak penyelenggara atau perwakilan. Pada pembukaan ini sang pembicara bisa menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai pembuka pengajian. Bisa juga memberikan ucapan terimakasih atas kedatangan para tamu.

 Ilsutasi Kakbah (Sebagai tempat suci umat islam)

Sebagaimana yang koita ketahui bahwa pengajian merupakan kegiatan religi umat islam untuk memberikan siraman rohani atau pelajaran islam kepada umatnya. Biasnya yang menjadi pembicara adalah ustad, kiyai atau juga orang yang kompeten dalam bidangnya.

Pembukaan Pidato Pembukaan Pengajian

Assalamaulaikum Wr. Wb. Yang terhormat bapak dan ibu sekalian serta tamu halal bihalal yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena atas limpahan rahmatnyalah kitra bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat. Salawat serta salam marilah juga kita sanjung agungkan kepada nabi besar kita muhammad SAW, semoga syafaatnya kita dapatkan di yaumil akhir kelak.

Isi Pidato Pembukaan Pengajian
Bapak ibu sekalian, hari ini kita akan menerima siraman untuk batin kita. Kita akan segera di cas atau diberi ilmu baru lagi. Harapannya kita bisa menyerap ilmu yang disampaikan dan bisa mempraktikannya.

Bapak ibu, ilmu itu wajib hukumnya untuk dicari. Ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu agama islam.
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Dalam hadits ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tegas menyatakan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib atas setiap muslim, bukan bagi sebagian orang muslim saja. Lalu, “ilmu” apakah yang dimaksud dalam hadits ini? Penting untuk diketahui bahwa ketika Allah Ta’ala atau Rasul-Nya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan kata “ilmu” saja dalam Al Qur’an atau As-Sunnah, maka ilmu yang dimaksud adalah ilmu syar’i (ilmu agama), termasuk kata “ilmu” yang terdapat dalam hadits di atas.

Oleh sebab itulah, kita berkumpul disini adalah sebuah ibadah. Perkumpulan kita ini semoga tercatat sebagai perkumpulan yang diridoi dan dijadikan sebagai catatan amal kebaikan untuk kita semua di kahir hayat nanti.

Pengajian ini lebih baik ketimbang kita merumpi dan menggunjingkan orang lain. Ini lebih berfaedah daripada perbuatan tiada arti seperti hanya berkumpul-kumpul nggosip itu. Disini kita bisa mendengarkan pak ustad berceramah dan bisa kita aolikasikan untuk ibadah kepada Allah.

Saya kalau boleh jujur, sangat senang dan tentram saat pengajian. Saya merasa bahwa kegiatan seperti ini bisa mendekatkan diri saya kepada Allah. Semoga baoak ibu juga berfikiran demikian. Semakin dekat dengan Allah maka kita bisa merasa semakin bahagia. Sedangkan, semakin jauh semakin kita sengsara. Dan, cara untuk dekat dengan Allah adalah belajar agama islam.

Penutup Pidato Pembukaan Pengajian

Hadirin, mungkin itu saja awalan sebelum pengajian yang bisa saya sampaikan, Kurang lebihnya saya mohon maaf dan saya akhiri wasalamualikum Wr. Wb.

Demikianlah informasi terkait Pidato Pembukaan Pengajian . Semoga bisa menjadi referensi anda sebelum berpidato. Selamat mencoba.

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Pidato Pembukaan Pengajian Diiringi Hadits"

Posting Komentar