Ini Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran

Pidato Singkat - Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran. Berpidato dengan tema kejujuran bisa dilakukan semua orang, termasuk juga anda. Baik itu tuntutan pidato di depan publik atau tuntutan untuk penyelesaian tugas sekolah. 

Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran
Ist

Sebenarnya tidaklah susah untuk berpidato dengan tema agama islam tentang kejujuran. Ada banyak ayat dan dalil yang bisa kita gunakan sebagai referensi. Ada juga teks atau naskah yang bisa kita unduh di internet.

Namun, perlu diperhatikan juga tips sebelu berpidati agar kelancarannya bisa tercipta. Kadang kala gugup dan tidak menguasai matero bisa menjadi pidato kita menjadi berantakan. Apalagi jika kita sama sekali tidak paham dengan apa yang disampaikan dan juga kondisi lapangannya. Oleh sebab itu kami akan memberikan contoh Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran.

Pembukaan Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran

Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat pagi bapak-ibu dan rekan sekalian... Yang terhormat bapak dan ibu guru serta rekan-rekan yang rupawan sekalian. Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmatnyalah kita semua bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Solawat serta salam juga patut kita junjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kelak ia memberikan syafaatnya kepada kita. Amiiin.

Isi Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran
Hadirin, kalau saya bertanya tentang harta yang sangat berharga di dunia ini, hadirin akan menjawab apa ? SALAH satu harta berharga manusia adalah kejujuran. Sebab, kejujuran merupakan refleksi diri, dan seringkali membuat seseorang harus berhadapan dengan dirinya untuk melihat dirinya secara mendalam. 

Seandainya semua orang di dunia ini jujur ? apa yang akan terjadi ??? Kedamaian akan tercipta, rasa kepercayaan antar seseorang akan tercipta dan kejujuran akan membuka kelapangan hati yang mulia. 

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan teladan sempurna untuk kita. Beliau memiliki akhlak atau sifat yang begitu mulia. Beberapa sifat mulia yang dimiliki oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam antara lain amanah dan jujur. Nabi Muhammad dikenal sebagai pribadi yang jujur, bahkan sejak beliau belum diangkat menjadi nabi. Sifatnya itu membuat ia menjadi seorang yang sangat mulia disisi Allah dan juga umat islam hingga kini. 

Jujur dalam Bahasa Arab dikenal dengan istilah ash shidqu atau shiddiq, memiliki arti nyata atau berkata benar. Kemudian jika diartikan,  kejujuran merupakan bentuk kesesuaian antara ucapan dan perbuatan atau antara informasi dan kenyataan. 

Ada banyak sekali bentuk kejujuran dalam kehidupan kita sehari-hari. Sejak kecil kita pasti telah diajarkan oleh orang tua kita untuk selalu berbuat jujur dan tidak berbohong. Hal ini tentu sesuai dengan ajaran agama Islam yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi sallam sendiri. Namun tentu ada saja godaan untuk kita berbohong jika keadaan menyuruhnya.

Sebenarnya bukan keadaan yang memojokan kita untuk berbohong atau tidak jujur. Itu adalah bisikan setan yang jahanam. Setan membisikan itu dengan janji-janji keamanan sesaat saja.

Misal anda sedang ditanya kenapa telat datang ke sekolah ?? anda menjawab karena motor mogok, padahal karena anda bangun kesiangan. Itu sebenranya adalah kebohongan yang membuat diri anda semakin nyaman dengan sebuah kesalahan. Ya, besok-besok ia akan berbohong lagi. Padalah masalah utanya adalah ia yang tak bangin pagi. Jika ia berani jujur mengakui kesalahan tersebut, bisa jadi akan ada sebuah solusi dan sugesti agar ia bangun pagi. Sehingga masalah tersebut bisa teratasi dengan tuntas. 

Kejujuran membuka pintu maaf dan juga kedamaian. Kebohongan bisa menjadi api yang membakar hati sehingga menjadi masalah besar. Jujur itu lebih mulia ketimbang bohong. Meski kadang menyakitkan,percayalah kalau jujur akan membawa kebaikan. Karena, sejatinya berkata jujur itu adalah perbuatan baik. Dan bohong itu perbuatan buruk.

Penutup Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran
Hadirin, mungkin itu saja yang bisa sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Saya akhiri wasalamualaikum Wr. Wb.

Nah, itulah contoh naskah Penutup Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran. Semoga bisa menjadi referensi anda sebelum berpidato atau referensi mengerjakan tugas.

Bagi anda yang ingin mempertajam pidato anda, anda bisa membaca Portal Berita Islam Indonesia, salah satu yang terpercaya adalah Gomuslim 

Pidato Yang Sejenis

0 Response to "Ini Teks Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran "

Posting Komentar